Nama bahan tas yang sering digunakan

Bahan-Bahan Tas

Bahan Polyster


Salah satu jenis bahan yang termasuk polyster yaitu dinier, bahan jenis polyester fabric yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ransel, tas laptop dan lain sebagainya. Bahan ini pada umumnya tebal sehingga sering digunakan bagi yang menginginkan tas yang bersifat durable dan tahan lama.
Type lainnya dari jenis ini yaitu Dolby, jenis polyester fabric ini harganya diatas dinier, sering digunakan untuk tas ransel atau gym/fitness bag, terkesan nampak lebih glossy (mengkilap) dan waterproof.
Bahan atau kain polyster yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ini dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur. Kelebihan lainnya yaitu lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah kusut ataupun melar, serta tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik. Namun, polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas, bahan mudah terbakar sama halnya dengan kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer.

Bahan Kanvas


Bahan kanvas merupakan salah-satu jenis kain buatan pabrik yang berserat tebal dan sangat kuat. Salah satu bahan kanvas yang dikenal umum adalah kanvas lukis, fisik bahannya sedikit kasar dan tebal serta kaku. Sedangkan bahan kanvas yang jauh lebih halus dan lebih lembut serta tidak kaku disebut baby canvas. Tas yang menggunakan bahan baby canvas akan terlihat lebih premium dibandingkan menggunakan kanvas lukis.
Tas berbahan kanvas sangat bagus dan fashionable. Kelebihan lainnya dari penggunaan bahan kanvas pada tas yaitu cukup kuat atau tahan lama, sehingga banyak diaplikasikan dengan bahan lain pada finishing produk tas. Dari kreasi tersebut telah menjadi favorit masyarakat pada saat ini.

Bahan Kulit Sintetis

nama bahan tas

nama bahan tas

Kulit Sintetis adalah Kulit imitasi yang tidak menggunakan kulit hewan. Kulit imitasi telah dibuat berbagai macam jenis yang sangat mirip dengan kulit asli. Mulai dari glossy, motif, warna dan bahkan bisa jauh lebih baik mengembangkan motif sesuai selera.
Kulit sintetis ditemukan sejak sekitar tahun 1850, dikembangkan dengan komposisi karet atau pyroxylin zat sintetis. Sejak perang dunia kedua, bahan polimer vinil telah ditemukan dan menjadi sangat umum.
Berbagai macam variasi kulit sintetis telah diproduksi. Beberapa terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) dan Komposisi bahan kain yang terdiri dari polyester atau kapas digunakan untuk lapisan agar meniru seperti halnya kulit asli.

Bahan Denim / Jeans

nama bahan tas

nama bahan tas

Bahan denim merupakan kain yang terbuat dari bahan alam yaitu kapas atau populer disebut katun ( cotton ). Dari dulu hingga saat ini bahan denim sangat populer. Bahan denim ini merupakan bahan dasar pembuat celana jeans yang awalnya dipopulerkan oleh Levi’s Straus. Namun pada perkembanganya bahan denim tidak hanya digunakan untuk membuat jeans saja tetapi banyak juga digunakan untuk membuat jacket, topi, kemeja, tas, bahkan sepatu
Hampir semua tas bisa dibuat dari bahan denim ini, dari Tas ranseltas travelmessenger, tas wanita, dompet, tas laptop, dan berbagai macam tas lainya.Bahan

Blacu


Blacu pada dasarnya adalah turunan dari kain mori; yaitu kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas dan biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kain batik. Ada 2 jenis kain mori yaitu kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau bleaching dan kain mori yang belum diputihkan. Nah kain yang belum diputihkan tersebutlah yang juga disebut sebagai kain belacu. Kain mori pernah populer sebagai bahan pakaian yaitu pada era 1960–1970-an. Kini kain blacu yang harganya relatif terjangkau banyak digunakan terutama untuk goody bag acara-acara seperti seminar atau ulang tahun.

Bahan Kulit ASLI

Pasti menjengkelkan jika anda membeli sebuah tas kulit yang anda kira terbuat dari kulit asli, setelah pemakaian beberapa lama barulah anda sadar ternyata dari kulit imitasi atau sintetis.  Membedakan kulit asli (genuine leather) dengan kulit sintetis (faux leather) tidak selalu mudah. Beberapa kulit sintetis tampak sangat mirip dengan kulit asli, padahal kulit asli biasanya jauh lebih mahal dibanding kulit sintetis.  Pada artikel ini anda akan diperkenalkan beberapa tips dan cara mudah untuk membedakan kulit asli dan kulit sintetis supaya aktifitas berburu produk kulit anda menjadi lebih seru sekaligus efisien.

Tags: , , , , ,